Sugihart Digital Art Gallery
Rangga Purbaya Rangga Purbaya

Rangga Purbaya

Artists August 1, 2018 admin 0

Fotografi mengalami perjalanan cukup panjang hingga dapat diakui sebagai salah satu bidang seni. Salah satu penggiat fotografi adalah Rangga Purbaya. Lahir di ibukota, Rangga... Rangga Purbaya


Fotografi mengalami perjalanan cukup panjang hingga dapat diakui sebagai salah satu bidang seni. Salah satu penggiat fotografi adalah Rangga Purbaya. Lahir di ibukota, Rangga memilih merantau ke tanah Yogyakarta untuk melanjutkan studinya di Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Setelah lulus dari studi, Rangga tidak lantas kembali ke tanah kelahirannya ke Jakarta.

Pada tahun 2002, ia dan beberapa mahasiswa seni lainnya membangun sebuah komunitas bernama Ruang Mes 56. Ruang Mes 56 sendiri awalnya ditujukan sebagai ruang bagi mahasiswa-mahasiswa seni tersebut berkarya. Namun seiring berjalannya waktu, Ruang Mes 56 menjadi salah satu komunitas fotografi ternama di Indonesia.

Tidak hanya bergabung di Ruang Mes 56, Rangga juga memiliki studio pribadi dengan nama Etalase 69. Sebagai fotografer, untuk mendapatkan inspirasi yang akan membuahkan sebuah mahakarya, Rangga perlu teliti dan menanamkan konsep tertentu terlebih dahulu. Seperti ketika ia memamerkan karyanya di salah satu pameran seni di Jakarta pada tahun 2015 lalu.

Dengan tajuk ‘Stories Left Untold’, Rangga memilih untuk menjadikan keluarganya sendiri sebagai inspirasi dari karyanya. Lewat lembaran-lembaran foto tersebut, ia bercerita bagaimana kakeknya ditangkap karena diduga sebagai salah satu anggota PKI. Penangkapan kakeknya tersebut tampak menjadi inspirasi besar bagi Rangga Purbaya, terbukti dari banyaknya project yang ia kerjakan memiliki tajuk serupa mengenai kakeknya. Salah satunya yang terbaru adalah Letter to The Lost One yang ia kerjakan dari awal 2017 lalu hingga saat ini. (mip)

 

 

Sumber: issuu

LinkedIn https://www.linkedin.com/in/rangga-purbaya-6a14b91b/

 

Sumber gambar: genosida1965wordpress

Ranggapurbaya

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *