Sugihart Digital Art Gallery
LUKISAN KACA CIREBON: Seni, Sejarah, Spiritual LUKISAN KACA CIREBON: Seni, Sejarah, Spiritual
Jika biasanya lukisan identik dengan yang namanya kanvas, yang ini sedikit berbeda, nih! Berasal dari Cirebon berabad-abad lalu, lukisan kaca ini menyimpan banyak nilai... LUKISAN KACA CIREBON: Seni, Sejarah, Spiritual

Jika biasanya lukisan identik dengan yang namanya kanvas, yang ini sedikit berbeda, nih! Berasal dari Cirebon berabad-abad lalu, lukisan kaca ini menyimpan banyak nilai di dalamnya. Di antaranya nilai seni, sejarah, dan dipercaya oleh beberapa memiliki nilai spiritual.

Lukisan kaca ini juga memiliki beragam jenis dan aliran, didominasi oleh lukisan kaligrafi berbau Islam, karikatur, dan lukisan bernuansa kritik tentang tatanan kehidupan beserta peristiwa yang sedang terjadi dengan nuansa ironi.

Menurut sejarahnya, lukisan kaca Cirebon ini awalnya dibawa oleh pedagang asal Tionghoa yang sedang bertandang ke Cirebon untuk singgah. Diperkirakan datang di abad ke-16 Masehi, kala itu lukisan kaca masih kental dengan pengaruh kebudayaan Cina.

Seiring berjalannya waktu, lukisan kaca ini pun dimanfaatkan sebagai media dakwah oleh Sunan Gunung Jati. Hal ini memperkaya motif dari lukisan kaca Cirebon. Penambahan motif ini menjadi lukisan kaca Cirebon lebih mudah diterima oleh warga Cirebon itu sendiri.

Pada abad ke-20, lukisan kaca ini pun mencapai punjak kejayaannya. Makin banyak yang tahu dan kagum oleh motif-motif dan kesan yang diberikan oleh lukisan kaca Cirebon. Seiring dengan penyebaran agama Islam di Cirebon, kesenian lukisan kaca Cirebon ini pun ikut menyebar dikarenakan fungsinya sebagai media dakwah.

Hal ini terlihat pada tahun 1950, hampir seluruh rumah dilengkapi dengan lukisan kaca Cirebon sebagai pemanis di rumahnya. Di antarnya karena motifnya yang berupa kaligrafi dipercaya untuk membawa aura positif ke dalam rumah.

Ada mitos lain juga, nih, soal lukisan kaca Cirebon ini. Katanya, untuk membuat lukisan ini, perlu menentukan tanggal khusus atau tanggal baik untuk memulai lukisan kaca Cirebon. Selain menentukan tanggal khusus, dipercaya juga untuk melakukan ritual tertentu sebelum melukis lukisan kaca Cirebon.

Ritual-ritual dan kebiasaan ini yang menimbulkan kepercayaan bahwa lukisan kaca Cirebon mengandung unsur spiritual di dalamnya. Ada beberapa yang sudah meninggalkan ritual dan kebiasaan tersebut, namun juga tetap ada yang percaya dan masih tekun menjalankan persyaratan itu.

Dengan banyaknya seni dan sejarah Indonesia membuat kita harus lebih giat melestarikan dan menjaganya! Jangan sampai, deh, kesenian dan kebudayaan yang sudah dibuat dan dilestarikan oleh pendahulu kita punah karena kita lebih asyik dengan teknologi dan perubahan zaman. Modern boleh, tapi jangan lupakan akar kita juga, ya! (mip)

 

 

Sumber: pusakapusaka.com

Sumber gambar : datakata 

admin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *